Jumat, 24 Mei 2013

Siswa SMK Penabur Curi Laptop


Belum bisa melunasi uang pembayaran sekolah sebesar Rp 750 ribu membuat Andre Rinzi (19) siswa SMK Penabur Purworejo gelap mata. Tanpa pikir panjang, warga Baturaja Sumatera Selatan ini nekad mencuri laptop merek HP warna hitam milik Ade Prasetyanto (23) mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo, warga Kebumen.
Tersangka dan korban merupakan teman satu kos di Kampung Kliwonan, Kelurahan Sindurjan, Kecamatan/Kabupaten Purworejo. Kapolres Purworejo AKBP M. Taslim Choerodin melalui Kapolsek Kota AKP Mangarif membenarkan adanya kasus tersebut. Menurut AKP Mangarif, pelaku masuk ke kamar kos korban melalui jendela yang tidak terkunci Minggu (19/5) sekitar pukul 22.00 WIB. Saat itu kondisi kamar kosong karena korban sedang pulang ke Kebumen.

Setelah berhasil mengambil laptop tersangka tidak langsung menjualnya, melainkan dititipkan kepada salah satu temannya diluar kos. Korban baru mengetahui laptop miliknya hilang setelah pulang dari Kebumen Rabu (22/5). Mengetahui laptop miliknya hilang korban kemudian melapor kepada pemilik kos. “Untuk mengetahui siapa pelaku pencurian pemilik kos mengumpulkan semua penghuni,” kata AKP Mangarif.

Mengetahui rencana pemilik kos, tersangka yang ketakutan kemudian berusaha mengembalikan laptop hasil curian tersebut ke kamar korban. Sayang, usahanya itu diketahui oleh penghuni kos lain, saat itu juga tersangka ditangkap dan dilaporkan ke Mapolsek Kota. Akibat kejadian itu korban menderita kerugian sekitar Rp 4, 5 juta. Sementara tersangka meringkuk dalam sel tahanan polsek kota guna mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Dari pengakuan tersangka, dirinya nekad berbuat seperti itu karena tidak punya uang untuk melunasi tunggakan SPP selama enam bulan atau Rp 750 ribu. Selama ini tersangka tinggal sendirian di Purworejo. Untuk biaya hidup sehari-hari tersangka mengandalkan kiriman orang tuanya di kampung yang bekerja sebagai buruh tani. “Kiriman dari orang tua setiap bulanya hanya Rp 200 ribu. Itupun sering terlambat,” ucap tersangka saat ditemui di Mapolesk Kota.


1 komentar:

  1. Baru nemu berita ini dan ternyata teman seangkatan satu jurusan.

    BalasHapus