Rabu, 29 Mei 2013

Guru TK Dan PAUD Ikuti Seminar Pendidikan

Upaya Dewan Pimpinan Cabang Gabungan Organisasi Penyelenggara Taman Kanak-Kanak Indonesia (DPC GOPTKI) Kabupaten Purworejo, untuk meningkatkan kualitas guru TK dan pendidik PAUD terus dilakukan. Diantaranya menyelenggarakan seminar pendidikan berwawasan lingkungan dan peningkatan kesepahaman PAUD, yang dibuka Sekda Purworejo di pendopo kabupaten Purworejo, Selasa (28/5).

Hadir dalam seminar tersebut Ketua IGTKI-PGRI Provinsi Jateng, Nasional Manajer TK PT Intan Pariwara Klaten, Ketua DPC GOPTKI Purworejo, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kepala Bapeda, dan dinas instansi terkait. Seminar pendidikan yang diikuti 450 peserta itu, juga sekaligus dalam rangka peringatan HUT GOPTKI ke-56.

Ketua DPC GOPTKI Kabupaten Purworejo Ny Sri Yuni Astuti Tri Handoyo mengharapkan agar guru TK dan Pendidik PAUD dapat menanamkan pengenalan lingkungan sejak di PAUD dan TK. Sehingga timbul rasa cinta lingkungan untuk ikut berperan serta memiliki kepedulian lingkungan. Disamping itu guru TK dan pendidik PAUD diharapkan memiliki satu kesepahaman dalam menerapkan pendidikan, meskipun dengan inovasi dan kreatifitas yang berbeda.

Sekda Purworejo Drs Tri Handoyo MM yang mewakil bupati mengatakan bahwa pendidikan anak usia dini merupakan fase pendidikan yang sangat penting. Sebelum anak-anak mendapatkan pelajaran di jenjang berikutnya yang lebih tinggi, masa-masa usia dini adalah masa dimana setiap anak belajar dengan melihat dan mendengar langsung dari guru atau siapapun yang menjadi panutannya. “Oleh sebab itu, untuk membentuk mental anak-anak yang berkualitas diusia dini, maka harus didukung pula oleh guru-guru yang berkualitas pula,” katanya.

Ketua IGTKI-PGRI Provinsi Jawa Tengah Suliyem SPdAUD selaku narasumber menguraikan tentang pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar anak usia dini. Lingkungan yang dimanfaatkan sebagai sumber belajar diantaranya lingkungan alam, lingkungan sosial, dan lingkungan budaya. 

Dalam melakukan pembelajaran tidak harus diruang kelas tetapi juga harus dibiasakan juga diluar kelas.
“Ajaklah anak-anak keluar kelas untuk mengenal lingkungan, misalnya anak diajak mencari daun yang jatuh kemudian daunnya dihitung. Ini membentuk perilaku bersih sehat dalam lingkungan sekaligus anak belajar menghitung. Termasuk perlunya anak-anak diajak kerja bhakti seminggu sekali dilingkungan sekolah,” jelasnya.

Suliyem mengingatkan, pada dasarnya anak usia dini tidak bisa diberi teori tapi harus langsung praktek. Karena anak akan meniru, yaitu tahu, paham, bisa, dan melakukan. Diusahakan sekolah menyediakan tempat sampah yang untuk organik dan an organik, sehingga anak paham memilah-milah. Demikian juga dengan kreatifitas, guru  bisa memanfaatkan barang yang tidak terpakai seperti kardus bekas, biji salak, botol bekas dan sejenisnya, untuk digunakan sebagai alat peraga.

Menurut Suliyem, lingkungan sebagai sumber belajar sangat berpengaruh pada perkembangan fisik, ketrampilan, social dan budaya, perkembangan emosional serta intelektual. Pemilihan sumber belajar harus memenuhi syarat mengandung unsur pendidikan, praktis dan sederhana, aman nyaman dan bersih, mampu mengembangkan aspek perkembangan anak, juga sesuai dengan taraf berpikir dan kemampuan anak.

Sementara itu Nasional Manajer TK PT Intan Pariwara Klaten Agus Sukarno mengajak peserta seminar untuk menciptakan lagu. Peserta dibagi 4 kelompok dan diberi waktu 10 menit untuk menciptakan sebuah lagu. Dia juga memberikan kesempatan bagi yang lagunya memenuhi kriteria, akan diikutkan rekaman di Klaten. “Dalam menciptakan lagu sederhana tidaklah sulit asalkan ada niat, ada alat perekam, jangan takut untuk memulai, dengarkan kritik yang membangun, dan jangan plagiat. Jika itu diperhatikan pasti bisa,” papar Agus yang sudah sering sekali menciptakan lagu-lagu sederhana.


1 komentar:

  1. Mohon maaf diluar topik Bunda, kami sedang mencari Reseller & Dropshipper Pakaian Bayi dan Anak
    Kami menawarkan berbagai produk dengan harga sangat sangat bersaing.

    Silahkan Bunda kunjungi Online Shop Baju Bayi dan Anak kami di:
    web: bajubajubayi.blogspot.com
    facebook : Baju Baju Bayi

    BalasHapus