Rabu, 22 Mei 2013

200 Anak Bareng-bareng Makan Ikan


Sebanyak 200 anak sekolah dasar kelas I hingga kelas VI, mengikuti kampanye gerakan memasyarakatkan makan ikan (gemarikan). Mereka makan bersama-sama, dengan lauk utama berupa ikan. Pelaksanaan makan bersama itu sekaligus merupakan kegiatan pencanangan kampanye gemarikan yang dipusatkan di SD Pelutan Kecamatan Gebang, Selasa (21/5). 

Pencanangan dilakukan Bupati Purworejo Drs H Mahsun Zain MAg, yang dihadiri Budi Ismawan SH Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah, Ketua Forikan Kabupaten Purworejo Ny Yaminah Suhar SH , forum komunikasi pimpinan daerah, serta dinas instansi terkait.
Ketua panitia Murdiyati SE mengatakan, 200 anak SD yang mengikuti kegiatan makan bersama itu berasal dari SD Pelutan, SD mlaran I dan II, SD Bendosari dan SD Ngemplak. Menurutnya kegiatan gemarikan tersebut bertujuan sebagai wahana pengenalan konsumsi makan ikan sejak usia dini, sebagai gerakan masyarakat untuk menjadikan ikan sebagai menu keluarga yang aman dan sehat.

Bupati Drs H Mahsun Zain MAg mengatakan, Purworejo memiliki potensi ikan yang luar biasa. Purworejo sebelah selatan memiliki hamparan pantai yang luas dan memiliki ikan laut yang banyak. Sedangkan Purworejo sebelah utara terdapat delapan kecamatan di dataran tinggi, yang juga memiliki potensi tawar.  “Maka kampanye ini menjadi penting, untuk menggugah kesadaran masyarakat akan pentingnya ikan untuk memperbaiki asupan gizi khususnya anak-anak,” katanya.

Kasi SDM dan Kelembagaan Dinas Perikanan dan Kelautan Profinsi Jawa Tengah Budi Ismawan SH mengatakan, gemarikan merupakan program nasional dengan menggunakan anggaran APBN dan APBD. Kegiatan ini dimaksudkan untuk industrialisasi perikanan nasional, mengingat potensi perikanan kita yang luar biasa. Dengan program ini, diharapkan konsumsi ikan masyarakat kita akan meningkat.

Dalam kesempatan tersebut, PKK Kabupaten Purworejo juga menyerahkan bantuan berupa benih ikan sebanyak 2500 ekor. Ny Yaminah Suhar mengharapkan bantuan benih ikan tersebut merupakan stimulan bagi masyarakat, agar mau memanfaatkan lahan yang kosong disekitar rumahnya untuk budidaya ikan.

Sementara itu, Kasi Bina Teknologi, Penangkapan dan Sumberdaya Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan Kabupaten Purworejo Eko Paskiyanto mengatakan bahwa tingkat konsumsi ikan masyarakat Purworejo masih rendah. Di Purworejo tingkat konsumsi masyarakat kita baru 9,2 kg/perkapita/tahun. Padahal standarnya adalah 12 kg/perkapita/tahun.  “Jadi melalui kegiatan kampanye gemar makan ini diharapkan target konsumsi ikan 12 kg/perkapita/tahun di Purworejo bias tercapai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar