Senin, 20 Mei 2013

Bekas Gedung SDN Baledono IV Dibiarkan Mangkrak


Sejak di regruping dengan Sekolah Dasar (SD) Negeri  Baledono III sekitar tahun 2005, bekas gedung SDN IV Purworejo atau yang lebih dikenal SD Inpres kini kondisinya memprihatinkan. Bangunan gedung SD yang terletak di kelurahan Baledono, Kecamatan/Kabupaten Purworejo tersebut sebagian sudah ambruk dan tidak bisa dipakai lagi. Dari enam lokal yang ada dua diantaranya atapnya ambrol. Sedang lokal lainya juga sudah rusak parah dan rawan ambruk.

Namun demikian hingga kini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo belum mengambil tindakan. Padahal, jika hal kondisi dibiarkan berlarut-larut akan membahayakan warga sekitar. Bahkan tidak menutup kemungkinan dapat membahayakan jiwa warga yang rumahnya berdekatan dengan sekolah itu. “Jika ada hujan deras dan angin kami takut dan was-was gedung itu roboh menimpa rumah warga,” kata salah seorang warga yang rumahnya berdekatan dengan sekolah itu.

Sementara itu, Kepala Bidang Sarana Prasarana Pendidikan Dasar Dinas pendidikan dan Kebudayaan Purworejo, Sri Suharni mengatakan, sampai saat ini eks gedung SDN IV Baledono belum diserahkan kepada pihaknya oleh SDN Baledono III selaku pengelolanya. Karena belum ada penyerahaan maka pihaknya menganggap sekolah tersebut masih dipergunakan pihak sekolah. “Selama belum diserahkan oleh pihak pengelola maka kami menganggap gedung itu masih digunakan pihak sekolah,” jelasnya.

Sri Suharni mengatakan, aset sekolah hasil regruping tetap menjadi tanggung jawab pihak pengelola selama belum diserahkan ke Dinas Pendidikan dan Kebuadayaan Purworejo. “Namun jika sudah diserahkan akan kami teruskan ke bagian umum Dinas pendidikan agar diinventarisir,” ucapnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar