Selasa, 11 September 2012

Kodim 0708 Gelar Geladi Posko 1


Kodim 0708 Purworejo menggelar Geladi Posko I, beberapa waktu lalu. Geladi Posko merupakan salah satu metoda latihan taktis tanpa pasukan untuk melatih para komandan dan staf dalam merencanakan operasi, menerapkan taktik dan teknik operasi, melaksanakan olah yudha, kodal operasi serta menerapkan prosedur dan tata cara kerja yang berlaku di suatu pos komando.

Dalam sambutan pada acara penutupan, Danrem 072/Pamungkas Brigjen Adi Widjaja MSc  menyampaikan bahwa geladi posko ini bertujuan untuk mencapai beberapa sasaran. Yaitu peserta geladi posko memahami dan mampu mengaplikasikan mekanisme hubungan kerja komandan dan staf tingkat Kodim, mampu melaksanakan pengambilan keputusan dengan tepat dan cepat dalam menghadapi berbagai permasalahan di wilayah.

Menurutnya, kemanunggalan TNI dan rakyat sesuai dengan jati diri TNI yaitu tentara pejuang, tentara rakyat, tentara nasional dan tentara professional. “Dengan jati diri tersebut setiap prajurit dituntut untuk memiliki sikap, kesadaran serta kepribadian yang baik sebagai prajurit Sapta Marga,” katanya.

Komandan Kodim 0708/Purworejo Letkol Inf Ade Adrian yang juga sebagai pelaku dalam latihan tersebut menyampaikan bahwa keberadaan aparat kewilayahan yang semakin penting saat ini, dituntut untuk lebih banyak berperan khususnya dalam mendeteksi berbagai permasalahan yang berkembang di wilayah dewasa ini. Dengan kata lain komando kewilayahan saat ini masih mempunyai peran yang sangat strategis dalam membantu pemerintah daerah untuk melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat melalui peran pembinaan teritorial.

“Oleh karena itu sebagai langkah awal mengantisipasi berbagai kemungkinan kejadian di wilayah Kabupaten Purworejo, maka latihan geladi posko 1 ini di gelar di satuan Kodim 0708/Purworejo,” ungkapnya.

Dalam pelaksanaannya geladi posko 1 Kodim 0708/Purworejo dilaksanakan dengan melibatkan unsur- unsur terkait dalam penanggulangan bencana alam di jajaran Pemkab Purworejo. Sehingga sinergisitas antara Pemkab Purworejo dan Kodim 0708/Pwr sebagai satuan territorial dalam hal penanggulangan bencana alam dapat diaplikasikan dalam geladi posko 1 ini dengan baik dan lancar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar