Kamis, 06 September 2012

Bupati Lantik Kades Wonosri


Wahyu Widodo ST (31) calon kepala desa terpilih, diambil sumpah jabatan dan dilantik sebagai kepala Desa Wonosri Kecamatan Ngombol oleh Bupati Purworejo Drs H Mahsun Zain MAg. Acara dikemas dalam sebuah upacara, Rabu (5/9), di balai desa setempat.  Pada kesempatan itu juga dilakukan serah terima jabatan, dari pejabat lama Agus Sunaryo kepada Wahyu Widodo.

 Pengangkatan Wahyu Widodo sebagai kepala desa dikukuhkan melalui surat keputusan (SK) Bupati Purworejo nomor 188.4/415.2/2012 tertanggal 28 Agustus 2012. Sebelumnya bupati menyerahkan SK nomor 188.4/ 415.1/ 2012 kepada Agus Sunaryo, tentang pemberhentikannya sebagai kepala desa karena habis masa jabatanya. Pejabat baru akan aktif sebagai kepala desa terhitung sejak dilakukan serah terima jabatan. Acara dihadiri panitia pilkades, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), lembaga desa dan warga masyarakat.

Bupati Mahsun pada kesempatan tersebut mengucapan terima kasih kepada pejabat lama atas pengabdiannya  kepadap pemerintah dan masyarakat. Kepada pejabat yang baru, ia berpesan agar bisa melaksanakan amanah dan mensejahterakan masyarakatnya. “Kepala desa bisa merangkul semua komponen masyarakat. Jangan bedakan antara yang memilih dengan yang tidak, karena semua itu masyarakat Desa Wonosri. Jaga suasana kondusif, mari kita buka lembaran baru,” katanya.

Perbedaan yang terjadi selama proses pilkades, dianggapnya sebagai hal yang wajar, mengingat hal itu bagian dari dinamika berdemokrasi. Karena perbedaan pendapat di alam demokrasi dijamin undang-undang. Hanya saja perbedan itu jangan sampai menjadi perpecahan namun hendaknya bisa dikelola menjadi potensi untuk membangun desa.

Disisi lain, bupati memuji pelaksanaan demokrasi di Desa Wonosri. Hal itu dapat terlihat dari keberhasilannya melaksanakan pilkades. Dengan keberhasilan itu, berarti masyarakat telah melaksanakan undang-undang dengan regulasinya. Karena pilkades merupakan pesta demokrasi di desa. Ia yakin di desa ada permasalahan, namun hendaknya permasalahan diselesaikan dengan musyawarah. Karena permasalahan merupakan tantangan yang harus diselesaikan.

Ia minta agar pembangunan didesa terus dilaksanakan dengan malanjutkan program pejabat lama.  Pejabat baru diminta agar jangan sungkan untuk belajar kepada pejabat lama tentang tata kelola pemerintahan, keuangan, pembangunan dan pengabdian.

Wahyu Widodo, ketika ditemui di sela-sela menerima ucapan selamat dari undangan, menyampaikan bahwa program kerja dalam waktu dekat, pihaknya akan melakukan konsolidasi. Baik itu kepada perangkat desa, lembaga desa maupun masyarakat Wonosri. Kemudian akan melakukan inventarisasi permasalahan termasuk pembangunan desa. Dari hal itulah pihaknya akan menentukan program kerja selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar