Sabtu, 01 September 2012

Desa Kaligintung Juara I Ketahanan Pangan Tingkat Kabupaten


Kelompok Wanita Tani (KWT) Puji Lestari Desa Kaligintung Kecamatan Pituruh dinyatakan sebagai juara pertama lomba ketahanan pangan Adhikarya Pangan Nusantara bidang Optimalisasi Pemanfaatan Pekarangan tingkat Kabupaten Purworejo tahun 2012. Sedangkan juara kedua diraih KWT Sukomakmur Desa Sokowaten Kecamatan Banyuurip.

Penyerahan penghargaan dilakukan oleh Plt Badan Pelaksa Penyuluhan dan Ketahanan Pangan (BP2KP) Kabupaten Purworejo Drs Agus Budi Supriyanto MSi dalam acara Pembinan dan Evaluasi Percepatan Penganeragaman Konsumsi Pangan (P2KP) di Desa Kaligintung, Selasa (28/8 ). Selain mendapatkan penghargaan berupa piala dan piagam, juara I juga mendapat uang pembinaan sebesar Rp 1 juta, dan Rp 500 ribu untuk juara II.

Drs Agus Budi Supriyanto MSi dalam sambutannya sangat mendukung peran kaum wanita yang tergabung dalam Kelopok Wanita Tani Desa Kaligintung yang telah memanfaatkan lahan pekarangan sebagai sumber kehidupan yang alami. Karena disamping sebagai warung hidup yang ditanami berbagai sayuran dan buah buahan, lahan pekarangan kosong juga dimanfaatkan sebagai apotik hidup yang di tanami berbagai obat-obatan tradisional.

Menurutnya, di jaman moderrn seperti sekarang ini banyak sekali makanan instan yang mengandung bahan pengawet seperti formalin yang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. “Contohnya buah apel dari Cina. Secara normal buah apel segar, akan layu hanya jangka waktu lima sampai tujuh hari saja. Namun buah impor bisa bertahan 3 sampai 5 bulan, karena sudah dikasih bahan pengawet,”ungkapnya.

Dikatakan, dengan adanya warung hidup maupun apotik hidup yang dikelola oleh Kelompok Wanita Tani, masyarakat akan terbebas dari penyakit. Karena semuanya menggunakan pupuk non organik yang tidak  mengandung bahan kimia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar