Kamis, 08 Oktober 2015

112 Anggota Pendonor Darah Dapat Piagam Penghargaan

Sebagai bentuk apresiasi terhadap para pejuang kemanusiaan khususnya anggota donor darah sukarela (DDS), PMI Kabupaten Purworejo menggelar temu donor darah dan penyerahan piagam penghargaan donor darah sukarela PMI Kabupaten Purworejo tahun 2015. Bertempat di Pendopo Kabupaten Purworejo, acara dihadiri Bupati Purworejo Drs H Mahsun Zain MAg, unsur FKPD dan Pengurus PMI se-Kabupaten Purworejo, Rabu (7/10).

Bupati Purworejo menyampaikan penghargaan yang tulus kepada para pendonor darah sukarela PMI Kabupaten Purworejo, atas dedikasi yang sangat tinggi terhadap nilai-nilai kemanusiaan. Penghargaan donor darah sukarela ini diberikan sebagai bentuk apresiasi terhadap para pejuang kemanusiaan. “Setetes darah yang telah didonorkan sangat berarti bagi keselamatan jiwa orang lain. Semoga apa yang saudara lakukan menjadi suri tauladan bagi kita semua, dan mendapat barokah dari Tuhan Yang Maha Kuasa,” katanya.

Bupati Purworejo menambahkan, saat ini jumlah anggota DDS di PMI Kabupaten Purworejo mencapai 5405  orang, namun yang aktif sekitar 3525  orang. Menurutnya jumlah yang cukup banyak itu, menunjukkan bahwa kepekaan sosial masih dimiliki oleh masyarakat Purworejo. Memiliki kepekaan sosial berarti mempunyai kepedulian terhadap lingkungan sekitarnya dan tergerak untuk meringankan penderitaan orang lain. “Dengan kepekaan dan kepedulian sosial tersebut, diharapkan akan mampu menumbuhkan sikap kebersamaan dan memperkuat solidaritas masyarakat,” harapnya.

Pengurus PMI Kabupaten Purworejo Drg Ernawan Cahyo Winardi MM menjelaskan, kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan HUT PMI ke 70 tahun 2015. Kegiatan yang sudah dilaksanakan yaitu tasyakuran, upacara peringatan 70 PMI, melakukan anjang sana ke pendonor darah sukarela, dan bantuan air bersih yang didistribusikan ke 60 desa rawan kekeringan.

Lebih lanjut Ernawan menjelaskan, jumlah penerima masih-masih kategori yakni, penerima piagam donor darah ke 10 kali sebanyak 53 orang, donor darah ke 25 kali sebanyak 33 orang, donor darah ke 50 kali sebanyak 6 orang, donor darah ke 75 kali sebanyak 15 orang, dan  donor darah ke 100 kali sebanyak 5 orang. Untuk donor darah sebanyak 75 kali dan 100 kali, pada hari minggu yang lalu juga telah menerima piagam donor darah dari Gubernur Jawa Tengah pada perinatahn PMI tingkat Jawa Tengah di Purwokerto.
”Tahun ini untuk penerima donor darah 100 kali rencananya akan menerima lencana karya satya kebaktian sosial yang diserahkan oleh Bapak Presiden di Jakarta,“ terangnya.


Selain itu, pihaknya juga memberikan penghargaan kepada  institusi pendidikan yang telah aktif dalam menyumbangkan darah secara rutin untuk kepentingan kemanusiaan. Piagam penggerak donor diberikan kepada 15 Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan di Kabupaten Purworejo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar