Selasa, 03 Juli 2012

Bupati Terima Penghargaan Manggala Karya Lencana


Bupati Purworejo Drs Mahsun Zain MAg menjadi satu-satunya kepala daerah di Jawa Tengah yang menerima penghargaan Manggala Karya Lencana. Penghargaan itu sebagai bentuk prestasi terhadap kepala daerah yang secara aktif telah memberikan dukungan program kependudukan dan Keluarga Berencana.

Penghargaan tersebut disematkan Kepala BKKBN Pusat DR dr Sugiri Syarif MPA, pada upacara Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke 19 tahun 2012, di eks Bandara Selaparang  kota Mataram Provinsi Nusa Tenggara Barat, Sabtu (30/6). Pemberian penghargaan disaksikan Wakil Presiden beserta Ny Herawati Boediono, para menteri, gubernur se Indonesia, dan jajaran dinas instansi mitra terkait.

Kepala Badan KBPP Kabupaten Purworejo Drs Muh Wuryanto MM yang mendampingi Bupati pada pemberian penghargaan itu mengatakan bahwa Bupati Purworejo dinilai memenuhi syarat untuk mendapatkan penghargaan, karena secara aktif berkiprah terhadap kependudukan dan KB di Purworejo. Bahkan kebijakan Bupati tentang pembangunan juga tetap berwawasan kependudukan sesuai dengan visinya untuk mensejahterakan masyarakat yang memfokuskan pada basis keluarga. Tujuannya untuk meningkatkan pelayanan kesehatan, kualitas pelayanan KB, dan meningkatkan keluarga sejahtera.

Disamping itu lanjut Wuryanto, bukti keberhasilan KB di Purworejo bisa dilihat dari dampak KB selama ini yang dapat mengendalikan jumlah penduduk hingga 1,04 persen. Yakni apabila tahun 2009 mencapai 766.003 jiwa, di tahun 2011 bisa diturunkan hingga mencapai 758.156.  Sedangkan dilihat dari jumlah anak dari setiap Ibu semasa reproduksinya tahun 2010 tercatat 2,27 persen dan turun menjadi 2,21 persen pada tahun 2011. 

Bupati juga memfasilitasi sarana balai penyuluhan KB di kecamatan sebanyak 6 unit yakni di Kecamatan Purworejo, Purwodadi, Pituruh, Kemiri, Bruno, dan Loano. Rencananya untuk tahun ini akan ditambah 7 unit di kecamatan Gebang, Bayan, Kutoarjo, Banyuurip, Grabag, Bener, dan Bagelen.

Salah satu bukti prestasi kependudukan dan KB yang diperoleh Purworejo tahun 2012 antara lain juara I tingkat Provinsi Jateng pada lomba duta mahasiswa Generasi Berencana (Genre),  juara II tingkat Provinsi Jateng lomba KB Lestari 15 tahun, dan juara II tingkat Provinsi Jateng lomba Pusat Informasi dan Konseling (PIK) Mahasiswa.

Menurutnya, Bupati juga sangat konsisten dalam peningkatan kesejahteraan dengan meningkatkan pada basis keluarga. Harapanannya agar bisa membentuk keluarga yang damai dalam kehidupan yang saling menghormati, menghargai, baik sesama anggota keluarga maupun keluarga lainnya. Sehingga dapat melahirkan keluarga dan masyarakat yang berkepribadian dan bermoral tinggi dengan tidak meninggalkan nilai-nilai sosial budaya bangsa.

Dikatakan Wuryanto, Kepala BKKBN Pusat berharap adanya penghargaan ini bisa menjadi pemacu kepada para kepala daerah untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas keluarga. Karena tanpa kebijakan kepala daerah yang kuat di era otonomi daerah, program KB yang sangat dibutuhkan dalam pembangunan, akan terhambat.

Ia juga mengungkapkan bahwa Wakil Presiden telah mengingatkan bahwa penduduk Indonesia yang sudah melampaui proyeksi jumlah penduduk nasional pada 2010 dengan laju pertumbuhan penduduk rata-rata 1.49 persen pertahun. Apabila dibiarkan, akan menjadikan kondisi penduduk Indonesia mencapai 2 kali lipat pada kurun waktu 40 tahun mendatang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar