Rabu, 11 Juli 2012

Pengusaha Kelanting Dapat Pendampingan GMP


Kasminah adalah salah satu pelaku industri kecil dan menegah yang bergerak di bidang makanan dengan bahan baku berbasis ketela. Adapun produk yang dihasilkan berupa makan ringan bernama krimpying yang merupakan makanan khas dari Kabupaten Purworejo.

Sudah sejak dari tahun 1998, Yu Kas (panggilan akrab dari pemilik usaha tersebut) sudah merintis usaha ini. Ia sudah kenyang makan asam garam dalan dunia pembuatan krimpying dan sudah melakukan banyak uji coba hingga menemukan formulasi krimpying seperti sekarang ini.

Sebagai bentuk perhatian dari pemerintah terhadap usaha tersebut, diwujudkan dalam pendampingan GMP (Good Manufacturing Practice). GMP adalah suatu pedoman yang menjelaskan bagaiaman memproduksi makanan agar aman bermutu, dan layak untuk dikonsumsi dan berisi penjelasan-penjelasan tentang persyaratan minimum dan pengolahan umum yang harus dipenuhi dalam penanganan bahan pangan di seluruh mata rantai pengolahan dari mulai bahan baku sampai produk akhir .

Penerapan GMP akan dapat membantu pelaku usaha untuk membangun suatu sistem jaminan mutu yang baik. Jaminan mutu sendiri tidak hanya berkaitan dengan masalah pemeriksaan (inspection) dan pengendalian (control) namun juga menetapkan standar mutu produk yang sudah harus dilaksanakan sejak tahap perancagan produk (product design) sampai produk tersebut didistribusikan kepada konsumen.

Tim dari Dinas Perindag Provinsi Jawa Tengah dan Dinas Perindagkop Kabupaten Purworejo melaksanakan pendampingan GMP di tempat produksi Krimpying Yu Kas, beberapa waktu lalu. Pada proses pendampingan tersebut tim melakukan dengan dua metode yaitu dengan pengamatan langsung dan wawancara. Pengamatan dilakukan dari awal produksi yaitu persiapan bahan baku hingga proses pengepakan, baik dari sisi pekerja, tempat kerja, cara kerja dan lingkungannya.

Pada umumnya proses produksi di tempat Kasminah sudah bagus, "80% sudah baik, tinggal perlu penambahan dan perbaikan sedikit disana sini" ungkap Ibu Budi yang merupakan pendamping utama pada pelatihan GMP tersebut.
Setelah dilakukan pengamatan dan wawancara ada rekomendasi yang disampaikan oleh Tim kepada Kasminah dalam peningkatan mutu produk. Diharapkan produk yang dihasilkan semakin bermutu dan usaha dari Kasminah semakin berkembang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar